8 minutes read

Waspada badai PHK! Inilah cara untuk bangkit kembali

by

Cara bangkit kembali dari badai PHK

Waspada badai PHK! Inilah cara untuk bangkit kembali

phk

Sudah ada ratusan ribu karyawan yang menjadi korban PHK massal sejak Januari 2023 dengan alasan yang bermacam – macam. Sayangnya, belum ada tanda-tanda peredaan bada PHK ini bahkan pada tahun 2024 ini. Sampai akhir bulan Januari, sejumlah perusahaan telah memangkas puluhan hingga ribuan karyawannya.

Contohnya, perusahaan-perusahaan teknologi ternama pun seperti Google, Tiktok, Discord, hingga Twitch dikabarkan akan memangkas karyawannya. Selain itu, di Indonesia pun ada pabrik ban di CIkarang yang terpaksa memangkas 1.500 orang pekerjanya pada awal tahun 2024.


Kehilangan pekerjaan, terutama pasca-PHK, dapat meruntuhkan semangat, terutama saat ada tagihan dan keluarga yang harus dihidupi. Meskipun pesangon membantu, itu bukan solusi permanen. Oleh karena itu, fokus utama setelah istirahat seharusnya mencari pekerjaan baru. Jika bingung, berikut tipsnya.

Tips Mencari Kerja Setelah di PHK

1.Membangun Ulang Resume Anda

Memperbarui resume setelah di-PHK adalah langkah penting, terlepas dari seberapa lama pengalaman Anda di perusahaan sebelumnya. Pengalaman sebelumnya membawa keterampilan berharga, dan sebaiknya ditambahkan ke bagian keterampilan resume Anda. Pastikan pekerjaan terbaru Anda mencakup pekerjaan terkini. Jika resume Anda sudah usang, baik dalam desain maupun jenis huruf, perbarui untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan. Template sederhana dan modern di Microsoft Word dapat membantu. Pilih jenis huruf seperti Calibri, Garamond, Lato, atau Verdana, dan hindari Times New Roman, Arial, dan Comic Sans.

Resume dan profil online memberikan kesan pertama pada pemberi kerja. Pastikan keduanya terkini, relevan, dan profesional. Sorot prestasi, keterampilan, dan kualifikasi sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, serta gunakan kata kunci yang dicari oleh rekruter. Selain itu, perbarui profil di platform seperti LinkedIn untuk memamerkan portofolio, rekomendasi, dan jaringan profesional Anda.

2. Peroleh Kualifikasi Tambahan

Untuk meningkatkan peluang Anda menemukan pekerjaan baru, akan membantu jika Anda mendapatkan beberapa kualifikasi tambahan. Anda mungkin terburu-buru untuk mencari pekerjaan, tetapi Anda dapat menemukan pekerjaan sementara di agensi untuk membayar tagihan dan mendapatkan kualifikasi Anda di waktu luang. Ini memerlukan (kerja tambahan) yang banyak, tetapi Anda perlu membuat pengorbanan jika Anda serius ingin menemukan pekerjaan yang lebih baik.

3. Hadiri Acara Networking

Keikutsertaan dalam acara jaringan memiliki nilai signifikan dalam pencarian pekerjaan baru. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik sebelum menghadiri acara tersebut. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

  • Tentukan Tujuan: Jelaskan apa yang ingin Anda capai dengan menghadiri acara jaringan tersebut. Selain mencari pekerjaan, tentukan siapa yang ingin Anda temui dan harapan Anda terhadap acara tersebut. Tujuan yang jelas akan membimbing interaksi Anda.
  • Elevator Pitch: Persiapkan ringkasan singkat tentang diri Anda, pekerjaan Anda, dan apa yang dapat Anda tawarkan. Pastikan Anda dapat mengutarakan dengan lancar sebelum meninggalkan rumah.
  • Persiapkan Pertanyaan: Persiapkan pertanyaan yang relevan sebelumnya untuk memastikan pertemuan yang produktif dengan orang-orang yang Anda temui.
  • Kartu Nama: Memberikan kartu nama adalah praktik umum dalam acara jaringan. Pastikan kartu nama berisi informasi penting seperti nama, profesi, nomor telepon, email, dan keberadaan media sosial Anda.
networking untuk phk

Networking merupakan alat yang sangat efektif dalam mencari pekerjaan, terutama setelah mengalami PHK. Kontak mantan rekan kerja, manajer, mentor, klien, dan vendor yang mungkin memiliki informasi atau referensi yang berharga. Sampaikan bahwa Anda sedang mencari peluang baru dan minta saran, umpan balik, atau dukungan. Selain itu, bergabunglah dengan grup online, forum, dan komunitas yang relevan dengan profesimu, dan aktiflah dalam diskusi, acara, dan seminar web.

4. Minta Surat Rekomendasi

Saat hubungan masih kuat, minta surat rekomendasi dari manajer Anda untuk memberikan gambaran akurat kepada calon pemberi kerja mengenai kekuatan karyawan, keterampilan yang dapat dipindahkan, dan kinerja

5. Merangkul Bab Baru

Ketika kehilangan pekerjaan, sulit melihat sisi positifnya. Jika di-PHK, terasa kaget dan terkejut. Dalam momen ini, duduklah sejenak dan pikirkan arti kehilangan pekerjaan untuk hidup Anda. Awalnya, banyak yang dirasakan negatif, tetapi seiring waktu, Anda akan menyadari bahwa setiap kehilangan membawa peluang baru.

Sekarang, setelah mengetahui cara menghadapi PHK, Anda siap untuk tumbuh dari tantangan ini. Anda adalah karyawan berharga, dan dengan tekad, Anda bisa bangkit kembali.

6. Lamar, Lamar, Lamar

Setelah bersiap untuk memulai pencarian pekerjaan, aktif mengajukan lamaran untuk berbagai posisi. Meski dianggap sebagai tahap yang monoton, terutama karena sering kali tidak langsung mendapat tanggapan, proses ini bisa menyebabkan frustrasi. Tetap ingat, meskipun memiliki kualifikasi baik, mungkin ada sepuluh kandidat lebih berkualifikasi yang belum mendapat panggilan wawancara. Kunci kesuksesan adalah ketekunan; semakin banyak aplikasi yang diajukan, semakin besar peluang mendapatkan panggilan. Oleh karena itu, teruskan mengirim aplikasi dan resume Anda, karena suatu saat nanti, Anda akan menemukan pekerjaan yang diimpikan.

Anda dapat melamar melalui situs web pencarian kerja, seperti AkuMaju.com.

Platform AkuMaju menawarkan lebih dari 500 pekerjaan baru setiap bulannya, mencakup berbagai bidang dan seluruh bagian di Indonesia. Platform ini menjamin eksklusivitas, dimana pekerjaan-pekerjaan yang hanya ditawarkan di AkuMaju.

Jadi, cek situs webnya sekarang!

https://akumaju.com/ak-mj/karir

Category

Technology

Finance

Medical

HR

Lifestyle

Consulting

Business

Cara bangkit kembali dari badai PHK

Waspada badai PHK! Inilah cara untuk bangkit kembali

by

Cara bangkit kembali dari badai PHK
Perbedaan Offering Letter dan Kontrak Kerja

Semua yang Harus Diketahui! Perbedaan Offering Letter dan Kontrak Kerja

by

Sebelum resmi bergabung dengan perusahaan, biasanya tim HR

10 tantangan HRIS dan solusinya

10 Tantangan HRIS dan Cara Mengatasinya

by

10 tantangan HRIS dan solusi menghadapinya.
HRMS pilihan sebagai solusi tepat untuk mengelola karyawan

Memilih HRMS yang tepat

by

Ada banyak solusi HRMS yang tersedia dengan berbagai

hrms-penting-untuk-perusahaan, bisnis, dan karyawan

HRMS (Human Resources Management System). Penting atau ga penting-penting banget?

by

Pekerjaan HR lebih kompleks hari ini. Pengelolaan mulai

employee self service artikel

Bahasan Lengkap Apa itu Sistem Employee Self Service

by

Banyak orang beranggapan bahwa divisi HR hanya bertugas